Wiring Diagram Ac Mobil Kijang, Panther

Unit AC split terdiri dari dua bagian: unit dalam dan unit luar. Unit kontrol memiliki komponen listrik dan elektronik yang ditempatkan di dalam unit indoor dan outdoor (modul). Diagram kelistrikan unit indoor ac split dapat dilihat secara garis besar pada gambar di bawah ini.

wiring diagram ac mobil
Wiring diagram ac mobil

Listrik adalah suatu rangkaian yang menggunakan arus listrik untuk menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. Setiap komponen memiliki gaya operasi dan fungsinya sendiri, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama: untuk mendukung sistem secara keseluruhan.

Hal ini terkait erat dengan sistem perpipaan sistem kelistrikan AC mobil, di mana sistem kelistrikan mengontrol sistem perpipaan. Selain itu, sistem kelistrikan merupakan komponen penting karena AC mobil hidup dan mati berdasarkan daya.

Wiring Diagram Ac Mobil Kijang, Panther

Beberapa komponen kelistrikan sering dijumpai pada sistem pendingin udara otomotif. Beberapa komponen ini terkait dengan sistem perpipaan, sementara yang lain tidak. Istilah "komponen listrik" mengacu pada setiap komponen yang ditenagai oleh arus listrik. Elemen-elemen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Alternatif

2. Relai

3. Kabel

4. sekering

5. Motor kipas evaporator 

6. Motor kipas kondensor

7. Kopling magnetostriktif termokopel

Bagian-bagian ini disatukan untuk membentuk rangkaian dasar. Jika sistem pipa telah selesai dan tidak ada kebocoran, rangkaian listrik akan berfungsi dengan baik. Setelah sistem kelistrikan dipasang, sistem perpipaan dapat diperiksa. Gambar menunjukkan diagram kelistrikan AC mobil dasar.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Kelistrikan Mobil?

Secara umum berikut ini menjelaskan cara kerja sistem kelistrikan AC otomotif:

1. Ketika kunci kontak dihidupkan dan mobil mulai untuk pertama kalinya, relai pertama menyala, menghubungkan terminal yang biasanya terbuka ke penutup.

2. Saat relai diaktifkan, arus listrik mengalir melalui sekring atau safety fuse dari baterai atau aki. Di ujung lain saluran sakelar AC, arus listrik sudah dalam keadaan siaga.

3. Saat sakelar AC dipindah ke posisi 1, termostat, relai kedua, kipas kondensor, kopling magnet, dan kipas evaporator akan menyala.

wiring diagram ac mobil

4. Saat saklar AC dihidupkan pada posisi 1, kipas evaporator akan bekerja dengan kecepatan rendah karena arus listrik mengalir melalui dua hambatan (R1 dan R2). Untuk mencapai putaran kipas yang lebih cepat, pindahkan sakelar ke posisi 2, dan untuk putaran maksimum, putar ke posisi 3. Tugas kipas evaporator adalah mendistribusikan udara dingin ke seluruh interior mobil.

5. Saat sakelar AC dihidupkan, termostat akan beroperasi sesuai dengan pengaturan yang telah ditetapkan. Termostat dapat diubah dengan memutar atau menggeser sakelar yang terletak di dekat sakelar AC di dasbor. Ketika suhu ruang kabin tercapai, termostat akan mematikan arus listrik di kopling magnet. Dan akan menyambung kembali jika suhu ruang kabin meningkat lagi.

wiring diagram ac mobil

6. Setelah termostat, arus listrik akan mengalir ke relai kedua, yang akan mengaktifkan kopling magnet kompresor, memungkinkan motor kipas kompresor dan kondensor berfungsi. Kipas kondensor mempercepat proses kondensasi, yang mengubah refrigeran dari uap menjadi cair.

ALAT KONTROL AC MOBIL

Alat kontrol AC kendaraan adalah alat yang membantu alat utama sistem AC mobil agar dapat beroperasi dengan lancar dan efektif. Perangkat kontrol mengatur pengoperasian sistem pendingin udara mobil sehingga mudah digunakan, dirawat, dan diservis. Secara umum, ada dua jenis peralatan kontrol AC otomotif: perangkat kontrol listrik dan perangkat kontrol refrigeran. Pada dasarnya, alat kontrol digunakan untuk memastikan bahwa sistem berfungsi secara efektif. Kedua jenis perangkat kontrol akan dibahas secara singkat di bagian berikutnya.

Comments